Chakra


Energi tubuh/spiritual

Energi tubuh/spiritual

Asal chakra
Untuk melakukan jutsu, seorang ninja menggunakan chakra mereka. Dalam penjelasan berdasarkan suatu teks gulungan, Konohamaru menjelaskan bahwa chakra berasal dari dua hal :

  • Mi/Raga. Yaitu Shintai Energi (Energi tubuh) yang berasal dari trilyunan sel-sel tubuh ninja
  • Sei/Jiwa. Yaitu Seishin Energi (Energi mental dan spiritual) yang didapat dari latihan dan pengalaman.

Energi mental dan spiritual bersifat menatap dalam arti seorang ninja yang telah mendapatkannya kemungkinan besar akan memilikinya sepanjang hayatnya. Energi tubuh sangat bergantung dari kondisi ninja pada saat itu. Jika ia sedang lelah, sakit atau tua maka energinya pun tidak maksimal dan chakra yang dikeluarkannya pun tidak akan maksimal. Kedua energi ini yang akan dikeluarkan ninja saat mengeluarkan chakra. Jumlah chakra yang dibutuhkan untuk sebuah jutsu akan bergantung dengan kehebatan dan kerumitan suatu chakra. Sehebat apapun seorang ninja jika ia sedang tak memiliki chakra yang cukup maka ia tak bisa menggunakan seluruh potensinya. Itachi menyatakan bahwa ia tak bisa menggunakan semua jutsunya saat chakranya hanya 30%.

chakra senjutsu

chakra senjutsu

Chakra sennin
Selain menggunakan dua sumber energi diatas, ninja juga bisa menggunakan sumber ketiga yaitu Shi/alam. Shi atau shizen energi (energi alam) nerupakan energi yang dikumpulkan dari tanah, air dan udara. Dengan menggunakan memanfaatkan energi ini, ninja akan memiliki chakra yang sangat besar. Namun sayangnya, chakra sennin tak bisa diperoleh dalam waktu yang lama

Chakra dan Taijutsu
Taijutsu kelihatannya tak menggunakan chakra, walaupun begitu taijutsu tetap menggunakan energi yang berasal dari trilyunan sel-sel tubuh. Energi ini nantinya akan berhubungan dengan stamina dan kekuatan. Kedua hal ini juga adalah hal yang sangat penting dan termasuk salah satu variabel dalam statistic ninja.
Chakra dan Ninjutsu
Untuk menggunakan ninjutsu, setelah chakra dikeluarkan, seorang ninja juga harus melakukan serangkaian segel tangan. Karena banyaknya kombinasi segel tangan yang bisa dibentuk maka ada banyak pula ninjutsu yang mungkin bisa di ciptakan
Chakra dan Genjutsu
Chakra yang berada dalam otak dan organ sensor merupakan sasaran genjutsu. Seorang pengguna genjutsu mengeluarkan chakra yang sistem saraf aliran chakra untuk mengendalikan chakra yang berhubungan dengan pikirkan lawan. Hal ini mempengaruhi panca indra lawan. Untuk menghentikan hal ini, seorang ninja yang telah mengetahui dirinya berada dalam genjutsu lawan harus segera menghentikan aliran chakra dalam tubuh mereka. Lalu mengacaukan aliran chakra pengguna genjutsu tersebut dalam dirinya. Jika korban tak bisa menyerang aliran chakra pengguna genjutsu dalam dirinya, maka ia tinggal berharap teman-temannya lah yang akan mengacaukannya.

Bitmap in elemen

361 Tenketsu

Pengaturan chakra
Pengaturan chakra sangat berguna dalam hal efisiensi jutsu. Pengaturan chakra yang bagus akan membuat konsumsi chakra yang minimum sehingga meminimalkan chakra yang terbuang percuma. Pengaturan chakra yang buruk akan membuat banyak chakra terbuang percuma
Ebisu mencontohkan sebagai berikut. Chakra yang dibutuhkan untuk membuat 5 bunshin adalah sama untuk semua ninja. Jika dua orang ninja mengalokasikan chakra dengan jumlah yang sama untuk membuat 5 bunshin maka ninja yang pengaturan chakranya bagus akan menghasilkan 5 bunshin tadi dengan sempurna. Ninja yang pengaturan chakranya kurang bagus mungkin hanya berhasil membuat 3 bunshin saja.
Dalam kasus Naruto yang kurang bagus dalam pengaturan chakra namun bisa membuat kage bunshin yang banyak, Ebisu menjelaskan hal ini karena stamina Naruto yang luar biasa sehingga chakra yang terbuang percuma bagi Naruto tidak ada artinya karena ia punya banyak sekali chakra.
Pengaturan chakra yang super presisi sangat dibutuhkan dalam jutsu kelas S seperti Kekkai Shihou Fujin. Pengaturan chakra yang super presisi ini sangat membutuhkan konsentrasi dan kemampuan yang tinggi. Ino yang kurang konsentrasi bisa membuat menurunnya kualitas jutsu ini.
Sistem peredaran chakra dalam tubuh
Chakra mengalir dalam sistem peredaran chakra dalam tubuh. System ini mempunyai 361 titik yang disebut tenketsu. Jika sistem peredaran chakra terganggu maka chakra yang dihasilkan akan tak sempurna bahkan akan tak berfungsi sama sekali.
Sharingan dan byakugan bisa melihat peredaran chakra. Sharingan hanya bisa mendeteksi chakra sebagai warna. Sedangkan Byakugan bisa melihat sistem peredaran chakra lebih baik. byakugan bisa melihat tenketsu dalam sistem peredaran chakra seorang ninja dan memanipulasinya.
Klan Hyuuga mengembangkan Jyuken yang merupakan teknik bertarung dengan mengincar tenketsu lawan. Lawan yang terserang tenketsunya akan terganggu aliran chakranya dan sulit untuk melanjutkan pertempuran.
Hachimon
Sistem peredaran chakra melingkupi delapan katup atau gerbang yang berfungsi mengatur aliran chakra. Hachimon atau delapan gerbang terletak di hati, tulang belakang dan kepala ninja. Dalam situasi khusus, gerbang ini bisa dibuka. Jika sebuah gerbang dibuka, maka seorang ninja akan memaksakan aliran chakra yang diatas normal mengalir di tubuhnya dan akan membuat seorang ninja menjadi lebih kuat. Semakin banyak gerbang yang dibuka maka semakin besar kekuatan yang akan didapatkan ninja. Namun membuka gerbang chakra ini juga berpotensi besar merusak organ tubuh. Semakin lama atau semakin banyak gerbang chakra dibuka maka akan semakin rusak tubuh dan bisa menyebabkan kematian bagi orang tersebut. Ke delapan gerbang tersebut adalah :

  1. Kaimon (Gerbang Pembuka). Melepaskan kekang otak dan akan melancarkan penggunaan otot-otot tubuh secara maksimum. Gerbang ini terletak di kepala.
  2. Kyuumon (Gerbang Istirahat). Meningkatkan stamina dan mempercepat pemulihan. Gerbang ini terletak di kepala.
  3. Seimon (Gerbang kehidupan). Tubuh akan menjadi berwarna merah. Gerbang ini terletak di tulang belakang.
  4. Shoumon (Gerbang Luka). Kecepatan dan kekuatan akan meningkat. Gerbang ini terletak di tulang belakang.
  5. Tomon (Gerbang Batas). Kecepatan dan kekuatan akan lebih meningkat. Gerbang ini terletak di tulang belakang.
  6. Keimon (Gerbang Penglihatan). Kecepatan dan kekuatan akan lebih meningkat. Gerbang ini terletak di tulang belakang.
  7. Kyoumon (Gerbang Keajaiban). Kecepatan dan kekuatan akan lebih meningkat. Gerbang ini terletak di tulang belakang.
  8. Shimon (Gerbang Kematian). Kecepatan dan kekuatan akan lebih meningkat. Gerbang ini terletak di hati.

Penggunaan Chakra

Dengan mengeluarkan sejumlah chakra pada bagian tubuh tertentu, seorang ninja bisa menempel pada suatu objek seperti air, tembok dll. Chakra juga bisa di panjangkan keluar dari tubuh. Aplikasi ini biasa dipakai pada pengguna kugutsu. Mereka menggunakan chakra untuk membuat tali tak terlihat dan menggerakkan boneka. Chakra yang keluar tubuh bisa difokuskan untuk memotong sesuatu, atau membuat dinding pertahanan.

Warna chakra

  • Dalam anime, chakra digambarkan memiliki beraneka ragam warna. Berikut warna-warna chakra :
  • Chakra kuning/biru. Ini adalah chakra normal seorang ninja. Dalam manga, Naruto menyatakan chakranya berwarna kuning, namun dalam anime digambarkan berwarna biru. Yuukimaru mengeluarkan chakra biru saat mengendalikan Sanbi.
  • Chakra merah – orange. Ini adalah warna chakra khas Kyuubi.
  • Chakra hijau. Chakra hijau biasanya keluar dari iryo ninjutsu
  • Chakra merah muda – ungu. Chakra ini keluar dari batu meteor di Hoshigakure. Ninja yang menggunakan chakra dari batu ini terlihat mengeluarkan chakra merah muda-ungu.
  • Chakra ungu. Orochimaru terlihat mengeluarkan chakra ungu. Chakra ungu juga keluar dari para ninja yang terkena juin jutsu.
  • Chakra putih. Belum jelas warna apa yang akan keluar di anime namun klan Hatake (Kakashi dan Sakumo) digambarkan memiliki chakra putih.

4 Tanggapan so far »

  1. 1

    Chakras said,

    I am extremely impressed with your writing skills as well as with the layout on your weblog.

    Is this a paid theme or did you modify it yourself?
    Anyway keep up the nice quality writing, it is rare to see a nice blog like this one these days.

  2. 2

    sasuke said,

    kerennnnnnnnnnnnnn abisssssssssss!!!!!!!

  3. 3

    ike prahesti said,

    bagaimana caranya mengeluarkan cakra dari tubuh, mengendalikan, dan menggunakannya untuk jutsu?

    balas

  4. 4

    arief yamanaka said,

    Aku pernah menyaksikan pertarungan temari vs tenten saad ujian chunnin, aku meliahad tenten menggunakan semacam benang utk menarik kembali senjata2nya yg berserakan disekitar temari, apa itu benang chakra seperti milik sasori,chiyo dan kankuro…???.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: