Elemen Chakra


elemen primer

elemen primer

Elemen-elemen Chakra
Chakra seorang ninja mempunyai elemen yang berbeda satu sama lain. Ada lima elemen primer dan masing-masing akan mengeluarkan jenis ninjutsu berbeda. Kelima elemen tersebut adalah :

  • Hi (Api) yang akan mengeluarkan ninjutsu Katon
  • Kaze (angin) yang akan mengeluarkan ninjutsu Fuuton
  • Kaminari (petir) yang akan mengeluarkan ninjutsu Raiton
  • Tsuchi (Tanah) yang akan mengeluarkan ninjutsu Doton
  • Mizu (air) yang akan mengeluarkan ninjutsu Suiton

Selain itu terdapat pula elemen sekunder yang merupakan gabungan kedua elemen secara simultan. Elemen-elemen yang telah diketahui adalah :

  • Kon (es) yang merupakan gabungan dari kaze dan mizu. Kon akan mengeluarkan ninjutsu Hyoton.
  • Ki (Kayu) yang merupakan gabungan Tsuchi dan Mizu. Ki akan mengeluarkan ninjutsu Mokuton.
  • Yogan (lava) yang merupakan gabungan elemen Hi dan Tsuchi. Yogan akan mengeluarkan ninjutsu Yoton.

Juga ada ninjutsu Shoton yang belum diketahui elemen-elemen primernya.
Sebagai mana dillihat dalam gambar elemen sekunder, kita bisa lihat bahwa masih banyak elemen sekunder yang belum diketahui. Kemungkinan lain adalah memang gabungan elemen tersebut tidak mungkin dicapai.

elemen sekunder

elemen sekunder

Selain kelima elemen primer, Jiraiya menyatakan bahwa Nagato menguasai enam elemen primer. Belum diketahui elemen ke enam ini. Kemungkinan elemen ke enam Nagato ini adalah elemen khusus yang sifatnya berbeda dengan elemen primer yang ada.

Bagaimana Mengetahui Elemen Diri
Kakashi menjelaskan bahwa untuk mengetahui elemen yang ada dalam tubuh seorang ninja bisa menggunakan kertas khusus. Kertas ini dibuat dari pohon khusus yang ditumbuhkan dengan chakra. Kertas tersebut akan sangat sensitif pada elemen dominan yang berada didekatnya. Walaupun setiap ninja bisa memiliki lebih dari satu elemen, namun ninja tersebut memiliki elemen yang lebih dominan dan elemen inilah yang terdeteksi oleh kertas. Kertas tersebut akan merespon elemen sesuai dengan chakra yang dideteksinya.

  • Jika mendeteksi elemen katon maka kertas akan terbakar
  • Jika mendeteksi elemen fuuton maka kertas akan terbelah dua
  • Jika mendeteksi elemen ration maka kertas akan terkoyak
  • Jika mendeteksi elemen doton maka kertas akan berkerut
  • Jika mendeteksi elemen suiton maka kertas akan basah

Selain dengan kertas chakra, tampaknya byakugan juga bisa mendeteksi elemen seseorang. Neji pernah menyatakan bahwa ia bisa mengetahui seorang ninja tak mempunyai elemen suiton karena neji tak melihat kemungkinan itu dari tenketsu nya.

Urutan Kekuatan Chakra
Urutan elemen menandakan kekuatan suatu elemen dibanding elemen yang lain. Urutannya adalah sebagai berikut:

  • Hi kuat terhadap kaze namun lemah terhadap mizu
  • Kaze kuat terhadap kaminari namun lemah terhadap hi
  • Kaminari kuat terhadap tsuchi namun lemah terhadap kaze
  • Tsuchi kuat terhadap mizu namun lemah kaminari
  • Mizu kuat terhadap hi namun lemah terhadap tsuchi

Kakashi mencontohkan, jika dua orang ninja, misalkan Sasuke menggunakan katon yang dari hi dan Naruto menggunakan fuuton yang dari kaze. Maka dengan level chakra yang sama, Sasuke dengan katon akan menang karena hi lebih kuat dari kaze. Namun jika Sasuke menggunakan chidori yang dari kaminari, Naruto akan menang karena kaze lebih kuat dibanding kaminari. Elemen yang lebih lemah bisa saja mengalahkan elemen yang lebih kuat jika jumlah chakranya lebih banyak.

urutan elemen

urutan elemen

Yin Yang
Selain lima elemen primer chakra, Yamato menjelaskan adanya Yin Yang. Tak banyak yang diketahui tentang Yin Yang ini. Namun menurut yamato, inilah sumber dari beberapa jutsu non-elemen seperti Kagemane no Jutsu, Baika no Jutsu, Iryo Ninjutsu juga Genjutsu.
Saat Minato mem-fuin Kyuubi dalam Naruto, Minato memisahkan chakra Kyubi menjadi bagian Yin dan Yang. Minato hanya mem-fuin bagian Yang pada diri Naruto. Masih belum di jelaskan maksud Minato ini.

Transformasi Bentuk Chakra
Transformasi bentuk chakra maksudnya adalah mengubah bentuk dan gerakan chakra. Ini adalah salah satu dari tahapan penting menciptakan jutsu elemental. Kakashi mencontohkan dengan Raikiri. Dalam raikiri, Kakashi melakukan transformasi bentuk chakra untuk mengubah chakra elemen kaminari menjadi berbentuk aliran listrik dan menentukan daya dan jangkauan jutsu. Kakashi juga menjelaskan bahwa Rasengan adalah transformasi bentuk chakra menjadi bola yang berputar sangat cepat. Sampai saat ini adalah rasengan adalah level tertinggi dalam transformasi bentuk chakra.
Transformasi bentuk memerlukan pengaturan chakra yang sangat tinggi.

Transformasi Alamiah Chakra
Transformasi alamiah chakra adalah manipulasi sifat-sifat serta karakteristik chakra. Ini adalah salah satu tahap dalam menciptakan jutsu elemental. Kakashi menyatakan bahwa hanya sedikit shinobi yang mampu melakukan transformasi bentuk chakra serta alamiah chakra. Dan lebih sedikit lagi shinobi yang berhasil menggabungkan keduanya. Gabungan keduanya akan menciptakan jutsu elemental yang biasanya berlevel ranking-S.

Iklan

1 Response so far »

  1. 1

    Diah said,

    WAW lengkap abiez Cuyyyyyyyyyyyyyyyyy


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: