Sarutobi Hiruzen


Data Diri

Lahir : Hi no Kuni, 8 Februari 54 SN
wafat : Konoha Gakure no Sato, 13 N
Keluarga : Sarutobi Asuma (Anak), Sarutobi Konohamaru (cucu).
Tim : Hashirama (Sensei), Tobirama (sensei), Orochimaru (murid), Jiraiya (Murid), Tsunade (Murid)
Pengalaman : Jounin Konoha, Hokage.
Debut : Naruto 1, chapter 1

Biografi

Terlahir pada saat Konoha belum terbentuk, Hiruzen kecil menyaksikan langsung pembentukan Konoha Gakure no Sato oleh Senju Hashirama. Hiruzen adalah warga konoha ke 261 yang mendaftar ke akademi Konoha. Sedangkan Naruto adalah murid Akademi dengan no registrasi 12607, maka bisa dibayangkan betapa banyak shinobi Konoha yang tercipta dalam kurun waktu Hiruzen mendaftar Akademi dan Naruto mendaftar Akademi.
Hiruzen menjadi Genin dan ditempatkan bersama Koharu dan Homura. Sangat beruntung Hiruzen mendapatkan Jounin sensei seorang yang sedang menjabat menjadi Hokage. Bukan hanya satu melainkan dua yaitu Senju Hashirama dan Senju Tobirama.
Kejeniusan Hiruzen melampaui para shinobi seangkatannya. Ia di juluki Profesor karena dianggap mengetahui semua jutsu yang ada di Konoha. Dari shinobi seangkatannya mungkin hanya Danzou yang keahliannya mendekati dirinya.
Setelah jabatan Hokage beralih dari Hashirama ke Tobirama, tibalah masanya Tobirama ingin meletakkan jabatannya. Danzou pun mencalonkan diri untuk jabatan tersebut. Namun takdir memutuskan Hiruzen manjadi Sandaime Hokage.
Dalam kapasitasnya sebagai Jounin, Hiruzen juga mempunyai genin asuhan. Mereka adalah Orochimaru, Tsunade dan Jiraiya. Diantara mereka, Orochimaru adalah murid favoritnya. Orochimaru lebih cepat menguasai sesuatu dan lebih serius dalam menghadapi masalah. Guru yang baik melahirkan murid yang baik. Hal ini benar-benar berlaku pada Hiruzen. Semua muridnya menjadi orang-orang yang hebat yang bahkan melampaui dirinya sendiri.
Hiruzen merupakan pejabat Hokage terlama dalam sejarah. Dan sebagian besarnya dilalui pada masa perang. Ini membentuk idealismenya untuk menciptakan kedamaian. Juga idealismenya tentang Hi no Ishi atau Semangat Api yang diterjemahkannya sebagai tindakan konkret untuk melindungi “Sang Raja”. Dan diketahui bahwa “Sang Raja” menurut Hiruzen adalah semua generasi muda Konoha, baik yang sudah ataupun belum lahir.
Di usia yang menginjak setengah abad, Hiruzen berniat jabatannya. Tawaran jatuh pada murid favoritnya Orochimaru. Antara mau dan tidak, Orochimaru lebih menginginkan Kekuatan dibandingkan kekuasaan. Namun Orochimaru bisa menggunakan kekuasaan demi memperbesar kekuatan. Disaat yang sama, laporan dari ANBU tentang kasus penculikan banyak warga Konoha mengarahkan “Calon Hokage” Menjadi tersangka. Korban yang terdiri dari bayi hingga warga biasa sampai Jounin elite. Makin mempersempit daftar tersangka karena hanya sedikit orang yang bisa menculik jounin elite Konoha tanpa jejak.
Akhirnya orochimaru terbukti menjadi dalang peristiwa penculikan ini. Hiruzen sendiri yang menangkap basah. Ternyata Orochimaru sedang melakukan percobaan untuk menciptakan jutsu yang bisa meningkatkan kekuatannya. Jutsu yang bisa membuatnya abadi. Yang notabene merupakan sesuatu yang awalnya dicetuskan oleh Hiruzen sendiri. Walaupun sudah tertangkap tangan, Hiruzen tak kuasa menangkap Orochimaru. Ia membiarkan Murid kesayangannya pergi meninggalkan Konoha. Keputusan yang banyak diprotes bahkan oleh teman-teman terdekatnya.
Jabatan Hokage akhirnya diserahkan pada Minato, seorang shinobi yang pada akhirnya dikenang sebagai Shinobi terhebat yang pernah ada. Minato tak lama menjabat Hokage karena ia gugur dalam tugas saat Kyuubi no Yoko menyerang desa. Hiruzen pun melanjutkan tugasnya sebagai Hokage.
Semangatnya untuk menjaga kedamaian dengan mengorbankan yang sedikit demi kepentingan yang banyak mempengaruhi keputusan-keputusan yang diambilnya setelah itu. Kebijaksanaan dalam berfikir sekaligus toleransi yang besar pada orang lain melahirkan keputusan yang sangat Kontroversial.
Hiruzen mengizinkan pembunuhan terhadap Hyuuga Hizashi demi menjaga hubungan baik dengan Kumo Gakure. Hiruzen juga dengan sangat berat hati menerima saran Danzou untuk memerintahkan Itachi agar membunuh semua keluarganya. Hiruzen juga memerintahkan Kurenai mencabut kekuatan Genjutsu Yakumo demi mencegah Idou mengacau.
Di akhir masanya, Hiruzen sempat menyaksikan jalannya pertarungan antara Sasuke vs Gaara saat ujian chuunin. Murid kesayangannya Orochimaru melakukan agresi ke Konoha dengan bantuan Oto Gakure dan Suna Gakure. Orochimaru membuatnya duel satu lawan satu yang berujung pada kematiannya.

Statistik Ninja dan Keahlian lain

  • Databook 3

    Databook 3

    Di area ninjutsu Hiruzen mendapat nilai sempurna. Tsuchi Bunshin, Doryudan, Doryū Taiga, Doryūheki, Karyū Enda, Karyūdan, Kage Bunshin, Kuchiyose, Toomegane adalah sedikit dari keahliannya.

  • Di area Taijutsu, Hiruzen mendapat nilai yang sempurna. Kawara Shuriken mungkin salah satu jutsu yang sempat diperlihatkan di anime
  • Di Area Genjutsu, Hiruzen mendapat nilai sempurna namun Hiruzen belum pernah di perlihatkan menggunakan Genjutsunya.
  • Di area inteligen, Hiruzen mendapat nilai sempurna. Julukan professor dan kemampuan mendapatkan nilai sempurna pada area Ninjutsu, taijutsu, Genjutsu dan Fuin tanpa kekkai genkai tertentu adalah bukti yang lebih dari cukup.
  • Di area kekuatan, kecepatan dan stamina, Hiruzen hanya mendapat nilai 6. Nilai yang hanya setara seorang jounin pemula.
  • Di area Fuin Hiruzen mendapat nilai sempurna, Shiki Fujin

Secara keseluruhan, Hiruzen mendapatkan nilai rata-rata 8.5, Ini saja sudah menunjukkan betapa hebatnya dia. Adapun mengenai area kecepatan, stamina dan kekuatan. Sangat dimungkinkan data yang diambil adalah berdasarkan badan tuanya yang semakin melemah. Sangat mungkin nilainya lebih tinggi saat ia muda. Jika saja nilainya memang lebih tinggi, bisa dibayangkan betapa hebatnya Hiruzen.
Analisa Pertarungan
Pertarungan melawan orochimaru merupakan satu-satunya pertarungan yang diperlihatkan Hiruzen. Lemahnya fisik Hiruzen sudah merupakan tipisnya kemenangannya. Ditambah lagi bantuan dari guru-gurunya kepada orochimaru. Ini sangat merepotkan. Hingga akhirnya hiruzen menggunakan jutsu terlarang yang bisa memukul mundur Orochimaru, Hashirama dan Tobirama sekaligus dengan taruhan nyawanya sendiri.
Ikatan
Hiruzen mempunyai ikatan yang sangat mendalam pada Orochimaru yang merupakan murid kesayangannya. Hiruzen suka mencontohkan Orochimaru dan menyuruh Jiraiya agar bisa lebih menjadi seperti Orochimaru. Ide tentang keberuntungan dan Saisei yang diceritakan pada Orochimaru ternyata merupakan racun awal pada pikiran Orochimaru. Hal inilah yang justru membawa Orochimaru pada percobaan tentang Saisei no Jutsu dan berujung pada Tensei no Jutsu. Rasa bersalahnya dan sayangnya pada Orochimaru menghalanginya untuk membunuh Orochimaru selagi kesempatan masih terbuka.
Hiruzen mempunyai ikatan yang erat juga pada Jiraiya. Sifat mesum Jiraiya yang suka mengintip orang mandi lewat Kakuremino alias jubah tak terlihat juga menular padanya. Ia pun menyatakan ingin ikut Jiraiya jika Jiraiya sedang mengintip orang mandi. Bisa dibayangkan apa yang dilihat oleh Hiruzen lewat tomeganenya (bola kristalnya). Dimana ia tak perlu repot-repot mendatangi TKP, ia bisa melihat kamar mandi siapapun dari tempat kerjanya tanpa ada yang tahu. Mungkin hal inilah yang membuatnya bertekuk lutut pada Oiroke Naruto dan bahkan membuat Naruto berhasil mencuri Gulungan rahasia yang saat itu sedang dijaganya.
Hiruzen mempunyai Ikatan yang mendalam pada Naruto. Naruto yang terlahir yatim piatu dan dibenci warga sangat dipedulikannya. Ia bahkan membuat aturan khusus yang melarang warganya untuk mengatakan sesuatu tentang masa lalu Naruto yang bisa membuat Narto menjadi sedih.
Hiruzen mempunyai ikatan mendalam pada Sasuke. Perintah membunuh Klan Uchiha kepada Itachi diberikan dengan sangat berat hati. Hiruzen tak sanggup melawan desakan Danzou agar dirinya memberikan perintah itu pada Itachi. Itachi menyanggupi perintah itu dengan satu syarat Hiruzen harus menjaga Sasuke karena Itachi manyatakan tak akan sanggup membunuh adik tercintanya itu. Naka Hiruzen dengan caranya sendiri selalu memperhatikan Sasuke lewat toomaganenya

5 Tanggapan so far »

  1. 1

    ben said,

    wuuiiih, q rsa cma dsini ngebhas ttg hkage ke3 pling jlas …
    hhe …

    slain ntu, aq mau tnya nie, emng bner yha klo hkage ke3 bsa menggnakn smua elemen shingga ia bsa menggunakan smua jrus yg ada di konoha gakure ???

    slain ntu, bsa ksih tw gak spa nma org tua konohamaru …

    agoess
    Orang tua Konohamaru belum ketahuan. siapa. tapi yang jelas Ayahnya seorang Sarutobi bukan ibunya. Karena sudah jelas Konohamaru bernama Sarutobi Konohamaru. maka ia dapat nama klan ini dari garis keturunan ayah.

  2. 2

    ben said,

    wuuiiih, q rsa cma dsini ngebhas ttg hkage ke3 pling jlas …
    hhe …

    slain ntu, aq mau tnya nie, emng bner yha klo hkage ke3 bsa menggnakn smua elemen shingga ia bsa menggunakan smua jrus yg ada di konoha gakure ???

    agoess
    baru bisa dipastikan bahwa Hirusen memiliki dua elemen yaitu fuuton dan doton.
    dipastikan bahwa tidak ada orang yang bisa menguasai 5 elemen kecuali pengguna rinegan
    adapun Kakuzu dan Fuen memiliki 5 elemen bukan karena alami.

  3. 3

    arief yamanaka said,

    sayang ya….,dengan kematiannya kita gag bisa liad lagi kemunculan kuchiyose terhebad yg pernah ada, enko enma si raja kera…..
    agoess
    belum tentu juga. siapa tahu suatu saat ada shinobi yang menjalin kontrak darah sama Enma. Konohamaru mungkin?????

  4. 4

    Jauhari said,

    Wah ini Lengkap banget.. sumber dari mana kang?
    agoess
    wah. tulisan ttg hiruzen masih 60 %. pengennya lengkap dgn gambar dan masih ada point-point yang belum ketulis ttg dia.

    kalo masalah sumber. diolah dari anime, manga dan databook. sampe sekarang naruto dah ada 4 databook, tgl yang terakhir yang belum punya.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: