Raja Tengu


pas baca komen-komen yang masuk tadi ada yang menuliskan tentang ayah Madara yaitu Sojobo. Setelah itu jadi tertarik untuk menulis tentang tulisan ini.

dulu, sekitar 2 tahun yang lalu pas mulai suka berburu hal-hal berbau naruto di internet. ada beberapa teori tentang naruto yang argumennya beberapa berdasarkan dari mitos jepang yang beterbaran di forum-forum naruto. teori-teori tsb adalah :

1. teori jiraiya dan tsunade bakalan nikah berdasarkan legenda jiraiya. kayaknya teori ini ga bakalan terjadi karena jiraiya dah mati (belum tentu sih). legenda Jiraiya ini dah pernah di turunin artikelnya di sini.

2. teori kekuatan 2 jutsu Mangekyou sharingan berdasarkan nama anak-anak dewa matahari yaitu ameterasu, sunanoo dan tsukuyomi. ttg ketiga dewa ini, ceritanya bakalan di turunin kapan-kapan.

3. teori 9 bijuu berdasarkan dongeng jepang ttg bijuu. setelah dicari-cari di internet tentang kebenaran adanya dongeng jepang ttg bijuu akhirnya di dapet kalo dongeng ini palsu. ini cuma berasal dari teori anggota suatu forum trsu di copy paste di blog-blog yang lain tanpa menampilkan sumber.

4. teori sejarah klan uchiha berdasarkan dongeng Raja Tengu. dongeng raja tengu ini emang bener ada. dan berikut ini adalah teorinya.

konon dimasa lalu sebelum konoha ada. ada seorang wanita dari klan hyuuga yang bertemu sesorang pria. pria ini bernama sojoba. akhirnya keduanya menikah. tanpa diketahui si wanita hyuuga ini, sojoba sebenernya jelmaan dari raja tengu.

tentang raja tengu ini. raja tengu adalah siluman keturunan dewa sunanoo. tengu selalu membawa kipas sakti yang sekali kipas bisa jadi badai. karena senjata daun inilah dia dinamakan tengu konoha. konoha artinya daun. tengu juga bisa berubah bentuk dan mengendalikan pikiran seseorang. juga bisa pindah ke suatu tempat dalam sekejap.

hasil perkawinan antara tengu dan hyuuga melahirkan seorang anak yang hebat. dia diberi nama madara. keluarga ini membuat klan baru yang bernama uchiha. uchiha diambil dari nama uchiwa yang artinya kipas. akhirnya uchiha madara tumbuhu besar.

kemudian terlihat bahwa madara ga memilik byakugan seperti ibunya melainkan mata baru yang akhirnya diberi nama sharingan.

setelah besar, madara berteman dengan hokage pertama dan mendirikan konoha.

suatu saat madara mengetahui rahasia bahwa sojoba, ayahnya adalah siluman. sojoba berusaha mengambil tubuh madara sebagai inang. tentu saja madara tak mau. karena ayahnya berniat jahat dan bisa membahayakan dunia maka iapun mencari Kyuubi. ia tahu, manusia biasa tak kan sanggup mengalahkan raja tengu.

Kyuubi yang terkesima akan kehebatan sharingannya akhirnya bersedia membantunya mengalahkan sojoba. bersama dengan kyuubi, madara berhasil memfuin sojoba disuatu tempat. fuin ini sangat khuus yang hanya bisa dipecahkan oleh kyuubi plus tiga orang pengguna mangekyou sharingan.

tentang apa yang terjadi antara madara-sojoba-kyuubi, madara tak pernah memberitahukan seorangpun karena ia malu punya ayah siluman. namun hokage pertama curiga bahwa tindakannya meminta bantuan pada kyuubi baru-baru ini adalah ingin merongrong kekuasaannya. hokage dan madara akhirnya bermusuhan dan berujung pada pertarungan di lembah akhir. rahasia ttg uchiha, mangekyou sharingan serta raja tengu di simpan erat-erat oleh klan uchiha karena tak ingin diketahui oleh oarng lain. rahasia tersimpan rapi di kuil nakano.

bertahun kemudian, itachi putus asa karena tak setuju klan uchiha menyembunyikan fakta ttg raja tengu. baginya itu bukan aib namun kebanggan. itachipun ingin mempunyai mangekyou sharingan dan ingin membebaskan tengu. namun orang-orang uchiha tak ada yang mau memiliki mangekyou sharingan karena harus membunuh orang yang paling dekat.

akhirnya itachi bertemu seorang pengguna mangekyou sharingan dan tinggal satu lagi. karena kehabisan cara membujuk klannya meraih mangekyou sharingan, itachi membunuh semua klannya dan membiarkan sasuke hidup dengan rasa benci agar ia bisa meraih mangekyou sharingan suatu saat.

kira-kira begitu kisah raja tengu ini. teori ini berawal dari forum naruto fan di http://forums.narutofan.com/showthread.php?t=106576 . teori ini diposting tahun 2006 bulan 11. jadi dah lama banget. dan saat itu belum ada naruto shippuuden. berikut akan dibahas analisanya.

  1. Tengu memang legenda jepang dan memang ada dua tengu yang salah satunya disebut Tengu Konoha.
  2. Menurut kakashi, memang menurut rumor, uchiha itu dulunya masih keturunan dari hyuuga. jadi kalau rumornya benar, suatu saat ada keluarga hyuuga yang melahirkan uchiha. rumor ini sih sebenarnya indikasi kuat kalo uchiha memang keturuna hyuuga dan suatu saat kemungkinan besar akan dibahas oleh kishimoto.
  3. menurut itachi, lambang uchiha adalah kipas yang bahas jepangnya adalah uchiwa. tentang kipas dan daun (uchiwa dan konoha), hal ini memang sangat identik dengan tengu.
  4. dikamar sasuke terdapat kaligrafi dinding yang bertuliskan tengu. (gambar menyusul)
  5. di dinding kuil nakano yang merupakan kuil suci bagi uchiha, juga terdapat lukisan tengu beserta lambang hyuuga. (gambar menyusul)
  6. lukisan-lukisan sasuke oleh kishimoto pada cover ada yang berhubungan dengan hal-hal berbau tengu.

bisa saja kishimoto memang terispirasi oleh tengu, namun semua ini hanyalah teori seseorang. walaupun menurut gw pribadi ini teori yang sangat bagus. apalagi pada saat itu, teori ini cukup meyakinkan. namun setelah ratusan episode di shippuuden, kita mulai mengethui sedikit demi sedikit ttg uchiha. misalnya

  • madara bukan uchiha pertama. tobi mengatakan bahwa madara adalah pemimpin klan uchiha saat itu, jadi ada banyak uchiha saat itu.
  • itachi juga bukan membunuh klannya karena keinginan sendiri tapi perintah hokage.
Iklan

20 Tanggapan so far »

  1. 1

    Zaidan said,

    Bnk agus mw nanya ni klan uchiha berarti berasal dari rikudo senin bukan dari tengu dan pein dapat drimna rinegan nya rikudo senin udh modar alias mati

  2. 2

    ghujio said,

    mana gambar macem macem sharinganya

  3. 3

    D&raNamikaze said,

    Kalau ga salah, Telah dikatakan oleh tobi kalau uchiha dan sanjou merupakan klan yg berasal dari dua anak rikudo sennin, yg merupakan orang pertama yg mengenal jutsu, jadi uchiha dan sanjou telah ada jauh sebelum konoha atau hi no kuni berdiri? Jadi masih ada kemungkinan jika ada klan uchiha atau sanjou di luar konoha?

  4. 4

    daysou said,

    dan dari kisah ini, kishimoto gak pernah menyinggung tentang tengu.

    Jadi kesimpulannya, cerita yang mengatakan bahwa uchiha berasal dari tengu dan hyuga adalah fanfic semata alias rekaaan doank.

    Karena Uchiha, sebagaimana senju adalah keturunan dari Rikudou Sennin

  5. 5

    daysou said,

    Mengenai sejarah uchiha, kishimoto udah ngejelasin di Naruto 462 kalo mereka adalah keturunan dari rikudou sennin dari anak pertama.

    Rikudou punya 2 anak
    * anak pertama dianugerahi mata sage
    * Anak kedua dianugaerahi tubuh sage

    Kerena rikudou mempercayakan anak keduanya untuk meneruskan perjuangannya, akhirnya anak tertua iri dan kutukan dendam dan kebencian dimulai sejak saat itu.

    Mereka berdua bertarung tiada henti, bahkan sampai ke keturunan mereka.

    * Keturunan anak pertama disebut uchiha
    * keturunan anak kedua disebut senju

    Sampai akhirnya, pertarungan antara uchiha madara dengan senju hashirama.
    Pertarungan mereka sudah ditakdirkan semenjadi kedua anak rikudou sennin saling bertarung

    Dan pertarungan ketiga akan berlangsung antara Sasuke yang membawa darah uchiha dan naruto yang membawa senju.

    agoess
    daysou, kesimpulan tulisan ini emang teori raja tengu itu palsu. tapi karena teori ini dipublikasi pada tahun 2006 (saat itu informasi naruto masih sedikit dan tentang rikudou sennin kan juga baru aja diturunkan) maka bolehlah kita acungkan jempol pada yang membuat teori ini

  6. 6

    naruto fans said,

    hmm… mnurt ku kishimoto sensei hanya terinspirasi cerita rakyat jepang tentang tengu, jadi dia buat cerita naruto dengan kaitan2 dari cerita tengu itu

  7. 7

    ex_anbu said,

    lho mas..

    mas bilang di artikel tsb itachi membunuh klan nya karena ga ada stupun yang mau mempelajari

    mangekyu sharingan?

    trus kenapa di artikel yang paling bawah di tuli kayak begini

    “itachi juga bukan membunuh klannya karena keinginan sendiri tapi perintah hokage”

    jadi nga ngerti aku..???

    tolong penjelasan nya lah ^_^
    agoess
    gini loh.
    semua artikel raja tengu ini adalah teori, jadi belum tentu benar. itu adalah teori lama yang dikeluarkan sebelum naruto shippuuden keluar.
    salah satunya diteori tersebut diceritakan bahwa sasuke membunuh semua klannya untuk membangkitkan raja tengu.

    nah sekarang kita dah tahu sedikit tentang kejadian pembantaian klan uchiha. jadi kejadian sebenarnya adalah itachi disuruh sandaime hokage.

    salah satu tujuan artikel raja tengu ini adalah sebagai klarifikasi atas banyaknya penggemar naruto yang menganggap teori ini udah sah menjadi bagian dari cerita naruto. semoga pembaca artikel raja tengu ini bisa membedakan mana yang teori dan mana yang cerita.

    • 8

      babihutan said,

      wekekekekekeke ………. raja tengu ………. tengu kan ….. serangga kecil yang menjengkelkan …. kalo kita kesawah sering gatel-gatel di bagiannnnnn … (—-) bener kan ….. wekekekekekekeke 😛

    • 9

      erik said,

      bukannya yang nyuruh itachi itu danzo+penasehat konoha?

      agoess
      erik, teori ini emang udah basi. teori ini di keluarkan tahun 2006. saat itu naruto shippuuden belum ada. dan kisah itachi belum ketahuan

  8. 10

    ben said,

    kalo mata sharingan ntu baru muncul setelah madara lahir, berarti dia anggota klan uchiha yg pertama donk …

  9. 11

    ben said,

    iya yhaa …

    kata nhaa sojoba ntu khan nikah ama wanita dari klan hyuuga dan lahir madara dgn mata baru sharingan …

    nhaa, tapi kenapa anggota klan nhaa banyak banget ???
    khan mata sharingan baru ada satu saat ntu.
    selain ntu, aq lihat foto” anggota klan uchiha ntu semua nhaa kayak seumuran semua …

    cerita nhaa ga’ nymbung bgt …

    agoess
    teori ini di kemukakan 2006 lho. tiga tahun yang lalu. saat itu nama madara cuma diketahui sebagai orang yang bertarung lawan hokage pertama. saat itu teori ini terbilang sangat hebat. dan terbukti banyak web-web yang menulis ulang teori itu. bahkan di kebanyakan web memberitahukan kalo teori ini asli tanpa menyebut asalnya.

    menurut gw pribadi sih, imajinasi yang buat teori ini hebat banget. walaupun makin kesini makin kelihatan kelemahannya tapi gw suka.

  10. 12

    anang purwoko said,

    mas,naruto vs pain versì shìpudennya udh d buat lom? terus law udah berikan ulasannya dunk!
    agoess
    naruto vs pain di shippuuden kayanya masih berbulan-bulan yang akan datang. mungkin akhir tahun 2010.

  11. 13

    Yogi said,

    manstap,ttng jutsu mata jd sharingan adl kturunan’y byakugan n dua mata ni pnya klan smua tp gmana ya nasib’y rinnegan g pnya klan,yg pnya da mati lg jd mubazir dong kt’y mata terkuat ga da yg pnya :<

    • 14

      ben said,

      aq rsa mata rineggan adlah suatu mata yg hebat …
      mata ini memang tidak punya keturunan karna hanya orang” yg memiliki demdam dan rasa untuk melindungi sesuatu yg besar lhaa yg dapat memiliki nhaa …
      jadi, walau yg punya mata ini memiliki anak nanti nhhaa, kemungkinan anak nhaa juga dapat mata rineggan juga sedikit …

      atau, bisa juga mata niee melakukan siklus reinkarnasi(menurut kuu) …

  12. 16

    Dangstars said,

    woww..saya cuma ikuti artikel ini,,saya rasa,blog ini bisa menjadi forum fans Naruto…good

  13. 17

    Arief yamanaka said,

    Gw pernah nonton naruto (bukan shippuden) tp udah lupa2 dikid critanya. Naruto,neji,tenten dan lee dapet misi kesuatu desa yg dulunya sering dilalui guy dan lee saat latihan beberapa hari (bahkan saat tidurpun sambil berlari), didesa itu ada gadis kecil lumpuh yg bisa ngeliad keadaan diluar smntra dia sndri didalam gubuk. Dan penglihatannya itu sendiri sangat jelas gag spt byakugan, slain itu gadis ini juga bisa nyembuhin luka dalam sekejap. Ada yg tau nama doujutsu ini gag?.

    agoess
    namanya ga dikasih tau, tapi pemiliknya bernama ranmaru, jadi di berbagai web doujutsu ini disebut mata ranmaru

  14. 18

    Morty said,

    Mas agus…nambahin info dikit nih… tengu itu ada 2 jenis,
    1. konoha tengu
    2. karasu tengu

    ngomongin soal tengu, masih inget ga film anime jaman 1990an…yg judulnya: KARASU TENGU KABUTO THE GOLDEN EYES…. tema filmnya juga tentang ninja…pemeran utamanya punya sayap gagak dan bisa berubah bentuk apa aja… dbantu oleh 4 penjaga salah satunya adalah suzaku…lebih sexy dari tsunade… apakah ada hubungan atau kaitanya dengan asal cerita naruto terutama klan uchiha….

    agoess
    iya bener. tengu ada 2. sengaja ga disinggung satunya karena tadinya dipikir ga berhubungan ttg uchiha.
    tapi bicara gagak, jadi inget itachi selalu berkaitan dengan gagak. dan tengu karasu artinya tengu gagak. ini juga kaitan tengu sama uchiha.

    • 19

      Morty said,

      sambungan sebelumnya, karena gw analisis dan sambung2in, berdasarkan judulnya KARASU TENGU KABUTO THE GOLDEN EYES jika dsilangkan dengan WHITE EYES Hyuga akan menjadi SHARINGAN…maka sesuai dgn sejarah klan uchiha yg berasal dari kisah raja tengu….
      agoess
      mungkin aja.
      tp, ngomong-ngomong soal film tentang jutsu mata, ada film jepang yang judulnya shinobi. ceritanya soal 2 klan ninja yang bertarung tapi anak-anaknya malah suka sama lain. kaya romeo and juliet tapi berseting perang shinobi. jurus-jurusnya bagus-bagus, kaya naruto.

      • 20

        Morty said,

        kurang tau filmnya euy,…emang pernah tayang d tipi lokal indo ga? saya taunya film ninja gokil nintama rantaro…. film akademi ninja paling konyol…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: