Suna no Jutsu (Jutsu Pasir)


Pengguna

Gaara merupakan shinobi yang menjadikan jutsu pasir sebagai ciri khasnya. oleh sebab inilah ia di juluki Sabaku no Gaara yang berarti Gaara dari Padang Pasir. Kuat dugaan bahwa jutsu pasir tingkat dasar dikuasai oleh shinobi lain dari Suna Gakure. Sasori pernah memperlihatkan kemampuannya melakukan Suna Bunhin. Jutsu pasir juga terlihat bisa diimitasi oleh Nagare. Baik Sasori dan Nagare hanya menggunakan jutsu pasir di dalam anime.

Sumber pasir
Pasir yang digunakan untuk jutsu pasir pada dasarnya adalah pasir biasa. daerah yang berpasir seperti padang pasir merupakan lokasi tempur ideal bagi shinobi yang menggunakan jutsu ini karena mereka mendapatkan sumber senjata yang berlimpah.

Pasir juga didapatkan dengan cara menghancurkan mineral-mineral dalam bebatuan menjadi serpihan pasir. Daerah berbatu juga merupakan lokasi ideal karena mudah dihancurkan mineralnya. Tapi menghancurkan batu menjadi pasir memerlukan chakra yang sangat besar. Sehingga lebih diutamakan menggunakan pasir alami.

Dalam pertempuran melawan Shitenshounin diperoleh fakta bahwa pasir yang bercampur air membuat pasir menjadi lebih berat. Hal ini juga membuat kendali atas pasir lebih sukar karena diperlukan chakra yang lebih besar untuk mengendalikannya. Mungkin pantai bukanlah tempat yang ideal untuk menggunakan pasir. Namun Gaara pernah bertempur di pantai dan tak mengalami kesulitan. Ini dimungkinkan karena sumbangan chakra Ichibi.

Zettai Bogyo
Zettai Bogyo artinya pertahanan absolut. Itu merupakan pasir khusus yang telah dicampurkan dengan chakra. Gaara membawa sebagian besar Zettai Bogyo dalam gentong pasir yang selalu dibawa-bawanya.

Zettai Bogyo merupakan pasir istimewa yang selama ini sanggup melindungi Gaara dari serangan lawan. Zettai Bogyo terlihat melindungi Gaara dari peluru tulang Kimimaro.

Namun bukan berarti Zettai Bogyo benar-benar pertahanan absolut. Pukulan cepat Lee berhasil memukul Gaara. Pukulan Gai berhasil melepaskan cengkraman Zettai Bogyo, Chidori Sasuke menembus dan melukai Gaara. Saat chakra sudah hampir habis, zettai bogyo tak ubahnya seperti pasir biasa yang mudah ditembus oleh serangga nendo Deidara.

Kelebihan lain dari pasir super ini adalah dia bisa bergerak sevara otomatis tanpa diperintah Gaara. Pasir secara otomatis melindungi Gaara dari ancaman bahaya. Bahkan dari dirinya sendiri.

Sebagian dari Zettai Bogyo melapisi seluruh kulit Gaara dengan. Ini merupakan perlindungan ganda terhadap Gaara.

Pasir untuk Senjata Menyerang

Dalam proses transformasi ke wujud Ichibi, Ichibi bisa mengeluarkan pasir bercampur angin dari mulutnya. Serangan ini sukses membuyarkan kage Bunshin Naruto. Jutsu ini dinamakan Mugen Sajin Daitoppa. Jutsu ini menggunakan elemen Fuuton.

mugensajin1 mugensajin2

mugensajin3

Mugen Sajin Daitoppa

mugensajin2

Selain dengan elemen Fuuton, pasir bisa bentukkan menyerupai peluru-peluru dan diserangkan ke lawan. Jutsu ini disebut Suna Shuriken. Gaara menggunakan jutsu ini saat menghadapi Naruto.

Pasir Gaara terlihat bisa menyerap listrik. Saat menghadapi Ranke yang menggunakan elemen Raiton, Gaara menggunakan jutsu Suna Raishin yang menyerap listrik dari Ranke sehingga Ranke tak bisa menggunakan jutsu Raitonnya lagi.

Pasir untuk Perangkap

Gaara pernah memperlihatkan kemampuannya menggunakan pasir sebagai jebakan. Gaara sanggup menghancurkan mineral-mineral dalam batu atau tanah tenpak lawan berpijak dan mengubahnya menjadi pasir. Tahap selanjutnya adalah lawan yang terhisap oleh pasir hisap buatan Gaara. Gaara bagaikan undur-undur yang menangkap mangsa.

Gokusamaisou adalah jutsu untuk menangkap mangsa dengan pasir hisap. Gaara pernah menggunakan ini untuk menangkap Kimimaro dan sukses. Namun pada akhirnya Kimimaro sanggup bertahan dalam pasir ini

Gokusamaisou

Pasir Untuk Menangkap Lawan

Barangkali inilah aplikasi pasir yang paling menakutkan dari Gaara. Gaara bisa mengendalikan pasir sesuka hatinya. Juga dalam jumlah yang sangat besar. Kadang pasir yang digunakan berbentuk tangan sehingga bisa menggenggam sesuatu.

Sabaku Kyuu adalah Jutsu yang digunakan untuk menangkap lawan. Jutsu ini adalah jutsu yang paling sering digunakan Gaara. Dengan kemampuan mengendalikan pasir, Gaara menangkap lawan dan menyelimutinya dengan pasir. Pasir yang dikendalikan bisa bergerak cepat dan daya tangkapnya pun bisa jauh. Gaara biasanya hanya membutuhkan sedikit pasir untuk melakukan ini. Pasir hebat dari gentongnya sering kali digunakan jika memang keadaan sekitar tak terdapat banyak pasir.

kyuu1 kyuu2

kyuu3

Sabaku kyuu

kyuu4 kyuu4

Sabaku Rou adalah versi yang lebih tinggi dari Sabaku Kyuu. Dalam jutsu ini, Gaara menggunakan pasir dalam jumlah yang jauh lebih banyak. Gaara pernah menggunakan jutsu ini saat melawan Deidara. Namun tampaknya Pasir Sabaku Rou bisa di jebol oleh Kibaku nendo milik Deidara

sabakurou2

sabakurou3

Sabaku Rou

sabakurou4


Ryuusa Bakuryu adalah versi yang lebih hebat dari Sabaku Kyuu. Dalam Ryuusa Bakuryu, Gaara mengumpulkan pasir yang sangat banyak jumlahnya. Biasanya Gaara memecahkan mineral bebatuan untuk dijadikan sumber pasir tambahan. Setelah itu, Gaara menciptakan ombak yang besar sekali dan menenggelamkan lawan.
Gaara pernah menggunakan Ryuusa Bakuryu saat melawan Kimimaro dan Seimei. Namun karena keduanya bukan Shinobi sembarangan, Baik Kimimaro dan Seimei berhasil lolos dari jutsu ini

bakuryuu1 bakuryuu2

bakuryuu3

Ryuusa Bakuryuu

bakuryuu4 bakuryuu4

Menghancurkan Lawan Yang Terperangkap

Inilah hal yang sangat ditakuti lawan yang tertangkap pasir Gaara. Gaara bisa menyalurkan chakranya untuk menghimpit lawan dalam pasirnya hingga lawan mati terhimpit pasir. darah biasanya akan memuncrat dari sela-sela pasir. Tubuh lawan remuk setelah pasir dilepaskan. Lee yang terkena kakinya sampai rusak kakinya. Deidara bahkan putus tangannya.

sousou1 sousou2

sousou3

Sabaku Sousou

sousou4

Sabaku Taisou adalah versi Sabaku Sousou yang lebih hebat lagi. Gaara mencurahkan banyak chakra untuk meremukkan lawan yang berada dalam pasir yang sangat banyak. Sabaku Taisou digunakan setelah menggunakan jutsu Ryuusa Bakuryu. Gaara menggunakan jutsu ini pada Kimimaro dan Seimei. Gaara bisa merasakan lawan yang berada dalam pasirnya sudah mati atau belum. Ini terbukti dengan Gaara mengetahui bahwa Kimimaro dan Seimei belum mati setelah mendapatkan Sabaku Taisou

taisou1 taisou2

taisou3

Sabaku Taisou

taisou4

Pasir untuk Perlindungan
Salah satu manfaat yang paling dirasa dari Suna Ninjutsu adalah kegunaan sebagai alat pertahanan atau perlindungan. Gaara biasa berlindung dalam pasir yang berbentuk bola. Gaara pernah menggunakan ini saat melawan Sasuke dan Deidara.
Jutsu ini disebut Suna no Mayu. Suna no Mayu menggunakan pasir khusus Zettai Bogyo sehingga mampu menangkis banyak serangan. meskipun begitu, Chidori Sasuke ternyata ampuh dalam menembus Suna no Muya. Juga saat Gaara kehabisan chakra, serangga nendo Deidara bisa menembus masuk melalui pori-pori pasir. Saat berada dalam bola pasir, Gaara menggunakan mata ketiga untuk melihat keadaan diluar.

muya1 muya2

muya3

Suna no Muya

muya4 muya4

Pasir yang digunakan Gaara tidak hanya bergerak dalam kendali Gaara. Ichibi dalam Gaara mempunyai sifat khusus dalam melindungi inangnya. Pasir yang secara otomatis melindungi Gaara saat Gaara dalam bahaya, walaupun bahaya dari Gaara sendiri. Perlindungan ini adalah bagian dari jJutsu Ichibi yaitu Suna no Tate. Suna no Tate melindungi Gaara dalam setiap kesempatan, khususnya saat Gaara masih belum mempelajari Ninjutsu. Suna no Tate bisa ditembus oleh jutsu kecepatan tinggi. Lee adalah orang pertama yang berhasil menembus Suna no Tate

tate1 tate2

tate3

Suna no Tate

tate4 tate4 tate5

Saat Suna no Tate Gagal, Gaara masih punya perlindungan ampuh. Perlindungan tersebut berupa lapisan pasir tipis yang menyelimuti tubuhnya. Jutsu ini dinamakan Suna no Yoroi. Jika suatu serangan sanggup merusak lapisan ini, lapisan ini akan retak dan membuat kulit Gaara terlihat. Kulit Gaara akan terlihat seperti keramik yang retak

yoroi1 yoroi2

yoroi3

Suna no Yoroi

yoroi4 yoroi4 yoroi5

Pasir untuk terbang

Salah satu dari kegunaan pasir yang sangat menarik adalah kemampuan digunakan sebagai kendaraan terbang. Prinsip kerjanya adalah sama seperti telekinetis. Seperti Gaara mengendalikan pasir biasa. hanya saja dalam hal ini, Gaara menaiki pasir yang dikendalikannya tersebut.
Bukan cuma Gaara yang bisa naik pasir terbang, namun orang-orang yang diizinkan Gaara naik pasir terbang juga bisa. Lee adalah orang yang berkesempatan naik pasir terbang Gaara.
Sabaku Fuuyu adalah jutsu untuk membuat pasir terbang. Gaara menggunakan ini saat menghindari tulang-tulang Kimimaro dan saat melawan Deidara

fuyuu1 fuyuu2

fuyuu3

Sabaku Fuuyu

fuyuu4

Pasir untuk Bunshin
Pasir adalah salah satu variasi Kage Bunshin no jutsu. Suna Bunshin sepertinya digunakan oleh shinobi dari Suna gakure. Gaara menggunakan Suna Bunshin saat menghadapi Lee dan Sasuke. Sasori juga pernah menggunakan Suna Bunshin saat menghadapi kankurou

sunabunshin1 sunabunshin2

sunabunshin3

Suna Bunshin

sunabunshin4 sunabunshin4

Pasir untuk memata-matai
DaisanDaisanBGaara pernah memperlihatkan kemampuannya membuat bola mata dari pasir yang kemudian bola mata tersebut terhubung dengan matanya sehingga apa yang dilihat bola mata tersebut dapat dilihat Gaara. Justu ini disebut Daisan no Me

Gaara pernah menggunakan Daisan no Me saat berlangsung ujian chuunin. Gaara menggunakannya untuk mencontek. Mata buatan ini biasanya digunakan Gaara saat ia berlindung dalam bola pasir.

Daisan1 Daisan2

Daisan3

Daisan no Me

Daisan4 Daisan5

Imitasi Suna Ninjutsu
Suna ninjutsu termasuk jutsu yang bisa diimitasi oleh Nagare. Setidaknya Sabaku Kyuu dan Sabaku Sousou. Nagare pernah menunjukkan kemampuannya melakukan Sabaku Kyuu melawan Kakashi

doukukyuu1 doukukyuu2

doukukyuu3

Douku Sabaku Kyuu

doukukyuu4 doukukyuu4

Nagare juga bisa melakukan Sabaku Sousou. Dalam melakukan jutsu ini, Nagare tidak terlihat membawa gentong pasir, namun ia mengganti pasir dengan butiran batu yang halus seperti pasir. Terlebih dulu ia menggunakan jutsu mengubah bagian tubuhnya menjadi pasir batu, lalu pasir batu tersebut dikendalikan untuk menangkap lawan

Spekulasi dan Beberapa Catatan

Ada spekulasi yang menyebutkan bahwa elemen dasar Suna adalah Doton. Walaupun belum terbukti namun kelihatannya agak mungkin karena Doton lemah terhadap Raiton. Inilah yang menyebabkan Chidori Sasuke bisa menembus Suna no Muya Gaara.

Dalam Movie diceritakan bahwa Gaara menggunakan Suna Raishin untuk menetralisir petir Ranke. Tampaknya ini agak berbeda kasusnya dengan Chidori yang juga berelemen Raiton. Chidori tampaknya tidak ternetralisir oleh pasir. Pada Chidori, petir ditangan Sasuke adalah hasil manipulasi bentuk sedangkan ini tidak ternetralisir Suna Raishin.

Daftar Suna no Jutsu

Daisan no Me : mata ketiga

Ryusa Bakuryu : Ombak Pasir

Sabaku Kyuu : Peti Mati Padang Pasir

Suna no Yoroi : Perisai Pasir

Suna Shigure : Hujan Pasir.

Sabaku Fyuu : Suspensi Padang Pasir

Sabaku Ro : Peti Mati Badai Pasir

Gokusa Maiso : Penjara Penguburan Pasir

Suna Bunshin : Penggandaan Pasir

Suna Shuriken : Shuriken Pasir

Suna no Mayu : Sarang Pasir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: